Tempe Laukpauk Sehat Khas Indonesia | LaukpaukSehat




Selamat Datang di Blog Lauk Pauk Sehat Indonesia

lauk pauk sehat Oncom makanan asal Indonesia mendunia Manfaat ikan laut bagi kesehatan Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali Resep masakan tempe mendoan Terasi Ikan , udang dan terasi ikan udang es bubur kacang ketan itam Terancam Sayuran khas Indonesia Makanan ringan perkedel jagung Wortel sayuran khas Indonesia Laukpauk khas indonesia Si Kancil anak nakal Khasiat cabe juga berlaku untuk menguatkan ereksi. Kandungan gizi buah-buahan indonesia Bawang putih dengan khasiat, vitamin dan kegunaannya Brambang merah produksi petani Indonesia

Minggu, 22 September 2013

Tempe Laukpauk Sehat Khas Indonesia

Resep masakan tempe mendoan
Tempe Mendoan
Tempe adalah laukpauk sehat khas Indonesia. Tempe sudah ada sejak dulu kala, semenjak kecil kita sudah mengenal tempe hingga kini pun tempe merupakan makanan favorit bangsa Indonesia. Tempe dapat diolah dalam berbagai macam laukpauk baik untuk makanan utama maupaun makanan camilan yang khas Indonesia. Tempe terbuat dari kacang kedelai dicampur dengan biji-bijian lain seperti biji jagung, kacang hijau yang berprotein nabati tinggi. Tempe dibuat melalui proses  menumbuhkan spora jamur tempe Rhisopus sp.

Tempe yang merupakan laukpauk sehat khas Indonesia dapat diolah dalam berbagai jenis masakan; tempe goreng, tempe orek, tempe tumis cabe, tempe sambal balado, tempe goreng ati, sambal goreng tempe manis, ragout tempe, Pizza tempe, burger tempe, tempe kacang goreng, sate tempe, nugget tempe, sandwich tempe, dan tempe mendoan.


Tempe Mendoan
Kata mendoan dianggap berasal dari bahasa Banyumasan, mendo yang berarti setengah matang atau lembek. Mendoan berarti memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar. Bahan makanan yang paling sering dibuat mendoan adalah tempe dan tahu.



Resep Tempe Mendoan sangat sederhana; bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, kencur, kunyit, tepung terigu, garam dan daun bawang. Setelah semua bumbu yang dihaluskan kecuali daun bawang diiris tipis-tipis, dicampur dengan tepung terigu di tambah air putih secukupnya, lalu goreng tempe yang diiris tipis hanya setengah matang. 

Ternyata masakan apapun bisa dibuat dari tempe, tempe yang hanya ada di Indonesia, yang merupakan laukpuak khas Indonesia. Cukup berbangga tentunya kita, karena tempe laukpauk khas Indonesia kini sudah mendunia, baik masakannya maupun bahan bakunya. Loh ....

Kebanggaan makan tempe laukpauk khas Indonesia ini akan mempunyai nilai lebih bila bahan baku kedelainya  berasal dari produksi dalam negeri bukan import. 



NB :Laukpauk = segala sesuatu teman makan nasi bagi kita kan... (RANBB)




10 komentar:

Titis Ayuningsih mengatakan...

tempe adalah makanan merakyat dan bernilai gizi. saya sangat suka tempe yang digoreng kering...krenyes..krenyes :D

Tofa Riyadi mengatakan...

bikin ngiler ni mendoan... :D

Anonim mengatakan...

Tempe salah satumakanan favorite saya tuh bang..heee

Unknown mengatakan...

Hello dear friend I wish you a good day kisses from Italy
http://amoleroserosse.altervista.org

Lurima Travel mengatakan...

love from seoul

Anonim mengatakan...

Memang makan tradisional yang namanya tempe adalah sudah jadi tradisi masyarakat indonesia, saya hobi banget tuh makan tempe

Lina Gustina mengatakan...

Tempe adalah makanan khas Indonesia tapi sayang bahan bakunya lebih banyak kedelai impor. Saya khawatir tempe jadi makanan yang mahal.

www.1sthappyfamily.com

asp.net mengatakan...

iya nih dan anehnya hak patennya kena jepang

Axallcom mengatakan...

wah nampaknya enak tuh!! http://www.axallindo.com/2013/12/pasif-income-dari-digital-media.html

Unknown mengatakan...

Dalam seminggu pasti tidak pernah absen makan tempe soB, kahas Indonesia dan tentunya nikmat.

Posting Komentar

Blog Laukpauk Sehat Mengucapkan Terima Kasih