Selamat Datang di Blog Lauk Pauk Sehat Indonesia

lauk pauk sehat Oncom makanan asal Indonesia mendunia Manfaat ikan laut bagi kesehatan Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali Resep masakan tempe mendoan Terasi Ikan , udang dan terasi ikan udang es bubur kacang ketan itam Terancam Sayuran khas Indonesia Makanan ringan perkedel jagung Wortel sayuran khas Indonesia Laukpauk khas indonesia Si Kancil anak nakal Khasiat cabe juga berlaku untuk menguatkan ereksi. Kandungan gizi buah-buahan indonesia Bawang putih dengan khasiat, vitamin dan kegunaannya Brambang merah produksi petani Indonesia

Rabu, 04 September 2013

Cara Makan Buah-buahan yang Benar

Kandungan gizi buah-buahan indonesia
Buah-buahan Indonesia
Ada banyak perdebatan tentang apakah manusia termasuk makhluk herbivora (vegetarian), karnovora (pemakan daging), atau omnivora (pemakan segala).
Dalam kenyataannya terdapat semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa manusia adalah termasuk golongan pemakan buah-buahan (fruitvora). Manusia dapat hidup dengan mengandalkan kombinasi buah-buahan dengan kacang-kacangan tanpa pernah mengalami kekurangan gizi malah kondisi fisik yang sehat.

Ada beberapa kebiasaan yang salah mengenai cara makan buah-buahan.

  1. Makan buah-buahan sesudah makan
  2. Makan buah-buahan bersama-sama dengan susu atau desert
  3. Buah-buahan yang dimakan sebelumnya dimasak, direbus atau dipanggang

Cara makan buah-buahan yang benar.

  1. Buah-buahan harus dimakan di saat perut kosong
  2. Buah-buahan jangan sekali-kali dikombinasi dengan susu atau padi-padian
  3. Buah-buahan harus dimakan tanpa dimasak

Setelah dikunyah baik-baik dalam mulut, buah-buahan masuk ke dalam perut untuk waktu yang amat singkat (10-15 menit untuk kebanyakan buah-buahan, setengah jam untuk pisang), kemudian masuk ke dalam usus, buah-buahan tersebut akan mencerna diri sendiri dengan menggunakan enzim miliknya sendiri. Apabila buah-buahan disantap setelah makan, dia akan berada di atas makanan dan membentuk ragi (mengalami proses fermentasi) karena tidak mendapat saluran atau jalan yang lapang untuk menuju usus. Tidak hanya buah-buahan itu menjadi mubazir, tetapi juga menimbulkan keasaman (aciditas) konstipasi (sembelit atau sulit buang air besar) dan penyakit lain.

Dengan alasan yang sama, buah-buahan juga tidak boleh dikombinasikan dengan makanan lain yang manapun. Makanan-makanan lain perlu berada dalam perut selama beberapa jam untuk pencernaan.

Memasak buah-buahan akan menghilangkan enzyme pencerna, sehingga mengakibatkan tubuh harus memikul beban pencernaan sepenuhnya.

Sebenarnya, rasa mulas (kolik), kegagalan pencernaan, justru ditolong dengan tuntas dengan makan buah-buahan, sekurang-kurangnya setengah jam sebelum makan. Penderita kronis gangguan-gangguan tersebut harus menghindari makan sereal, roti tawar, roti untuk makan pagi. Mereka harus makan hanya buah-buahan.

Bila Anda merasa sangat lapar, buah-buahan adalah pilihan terbaik. Buah-buahan memberikan energi dengan amat cepat dan efisien tanpa menyedot cadangan energi yang amat berharga dalam tubuh sedangkan makanan lain akan menyedot banyak sekali energi untuk proses pencernaan.

Sumber bacaan buku Kesehatan & Meditasi Matahari Terbit, Gede Arsa Dana. (RANBB)



4 komentar:

HASAN BASRI mengatakan...

Terima kasih knjungannya

asta kids mengatakan...

artikel yang bermanfaat sekali, terima kasih sudah berbagi :)

Boby mengatakan...

hm...artikel yg bermanfaat...nabi juga menganjurkan hal yang demikian :D

Update ESET OfflineTips BlogVebyoArson

Kitty Hollistyle mengatakan...

Informasinya sangat bermanfaat..

Tips Kecantikan

Posting Komentar

Blog Laukpauk Sehat Mengucapkan Terima Kasih