Selamat Datang di Blog Lauk Pauk Sehat Indonesia

lauk pauk sehat Oncom makanan asal Indonesia mendunia Manfaat ikan laut bagi kesehatan Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali Resep masakan tempe mendoan Terasi Ikan , udang dan terasi ikan udang es bubur kacang ketan itam Terancam Sayuran khas Indonesia Makanan ringan perkedel jagung Wortel sayuran khas Indonesia Laukpauk khas indonesia Si Kancil anak nakal Khasiat cabe juga berlaku untuk menguatkan ereksi. Kandungan gizi buah-buahan indonesia Bawang putih dengan khasiat, vitamin dan kegunaannya Brambang merah produksi petani Indonesia

Jumat, 27 September 2013

Terasi Penyedap Khas Laukpauk Indonesia

Terasi Ikan , udang dan terasi ikan udang
Terasi Penyedap Khas Indonesia
 Terasi merupakan bumbu khas masakan Indonesia, sebagai penyedap masakan khas Indonesia selain  garam, gula, kaldu, vetsin, seledri, micin, gula jawa, daun sengkubak, daun salam, merica, lada, pala, kayu manis. Terasi sangat umum dipergunakan oleh masyarakat kita, dari segala jenis masakan utama yang ada di Indonesia selalu menggunakan terasi. Tanpa terasi masakan kita hambar .. (tanpa garam kali mas...)
 

Terasi dalam bahasa Indonesia, terasi atau belacan adalah bumbu masak yang dibuat dari ikan dan/atau udang rebon yang difermentasikan, berbentuk seperti adonan atau pasta dan berwarna hitam-coklat, kadang ditambah dengan bahan pewarna sehingga menjadi kemerahan. Terasi Indonesia memiliki bau yang khas. Terasi merupakan bumbu penting di kawasan asia tenggara dan china selatan. Terasi memiliki bau yang tajam dan biasanya digunakan untuk membuat sambal terasi, tapi juga ditemukan dalam berbagai resep tradisional Indonesia.
 

Terdapat tiga macam terasi; Ada terasi udang, ikan, dan terasi campuran antara ikan dan udang. Masyarakat Indonesia sendiri tampaknya lebih menyukai terasi udang, karena aromanya lebih sedap dan rasanya lebih lezat.
Terasi bumbu khas Indonesia yang berkualitas baik, salah satunya bisa ditandai oleh warnanya, yaitu berwarna gelap atau hitam kecokelatan. Warna hitam pada terasi adalah alami. Warna itu berasal dari pigmen ikan atau udang. Terasi sebelum dicampur pada bumbu masakan, dapat disanggrai (ditumis tanpa minyak) terlebih dahulu, setelah hancur dan baunya harum lalu disimpan dalam toples kecil.


Terasi bumbu khas Indonesia memang bukan bahan pangan utama seperti ikan atau daging. Ia hanya sejenis bumbu atau bahan penyedap rasa. Sebagai bahan penyedap rasa atau penambah selera makan, lidah orang Indonesia sudah terbiasa dengan rasa Terasi, tanpa Terasi masakan tidak akan lezat.
 


Harapan blog Laukpauk Sehat Khas Indonesia adalah dengan menggunakan bumbu, bahan penyedap khas Indonesia, kita dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat produsen, pembuat dan kesejahteraan bersama ... ayo kurangi mengkonsumsi makanan instan dan penggunaan bumbu instan..


Dari berbagai sumber yang telah diolah dan dimasak serta tidak lupa menggunakan terasi. Selamat menikmati dan jangan lupa pesan/kesan.





3 komentar:

HASAN BASRI mengatakan...

Terima kasih kunjungannya

PUDI TOUR & TRAVEL mengatakan...

Makasih udah mampir sahabat.

Uda Awak mengatakan...

Bagi saya, terasi campuran udang dan ikan justru menjadi penyedap yang lebih melezatkan masakan khas Padang. terima kasih infonya, sob.

Posting Komentar

Blog Laukpauk Sehat Mengucapkan Terima Kasih